Saya bekerja di sebuah perusahaan otomotif, lebih
tepatnya di PT. Astra Daihatsu Motor (ADM). Dan mengenai aplikasi ERP yang di
gunakan di ADM adalah SAP Business Suite. Saya kurang begitu memahami mengenai
versi yang di gunakan pada SAP Business Suite tersebut, karena mengingat saya
bekerja di bagian atau departemen produksi dan aplikasi SAP sendiri tentunya di
pakai di bagian office tentunya sehingga saya hanya memahami sebagian garis
besarnya saja. Kalau tudak salah, versi yang di gunakan adalah versi 7.0.
PT. Astra Daihatsu Motor sendiri tentunya sudah
menggunakan aplikasi SAP Business Suite sejak tahun 2005.
Untuk modul-modul yang di pakai dalam aplikasi
ini adalah sebagai berikut;
- SD-Sales & Distribution: membantu meningkatkan efisiensi kegiatan operasional berkaitan dengan proses pengelolaan customer order (proses sales, shipping dan billing)
- MM-Materials Management: membantu menjalankan proses pembelian (procurement) dan pengelolaan inventory
- PP-Production Planning: membantu proses perencanaan dan kontrol daripada kegiatan produksi (manufacturing) suatu perusahaan.
- QM-Quality Management: membantu men-cek kualitas proses-proses di keseluruhan rantai logistic
- PM-Plant Maintenance: suatu solusi untuk proses administrasi dan perbaikan sistem secara teknis
- HR-Human Resources Management: mengintegrasikan proses-proses HR mulai dari aplikasi pendaftaran, administrasi pegawai, management waktu, pembiayaan untuk perjalanan, sampai ke proses pembayaran gaji pegawai
- FI-Financial Accounting: Mencakup standard accounting cash management (treasury), general ledger dan konsolidasi untuk tujuan financial reporting.
- CO-Controlling: Mencakup cost accounting, mulai dari cost center accounting, cost element accounting, dan analisa profitabilitas
- AM-Asset Management: Membantu pengelolaan atas keseluruhan fixed assets, meliputi proses asset accounting tradisional dan technical assets management, sampai ke investment controlling
SAP memiliki kerugian / kekurangan
di antara nya adalah;
- Scope integrasi,
- Harga license tiap user SAP yang relative mahal,
- Biaya consultan yang lumayan mahal
- Kelengkapan data entry dan batas waktunya yang menuntut kedisiplinan usernya. Dimana dalam mengimplementasikan SAP, perusahaan harus menyediakan SDM yang sebagai user dan penanggung jawab atas Change Management Process.
SAP memiliki beberapa keuntungan di antara nya
adalah;
- SAP terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya. Semua modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi/terhubung yang satu dengan lainnya.
- SAP punya Netweaver platform, yg mensupport development dan software logistik
- SAP punya ABAP, business programming language yg mempermudah developer utk implementasi business logic
- Menerapkan balance score card. Membuat integrative process chain dari company sampai lebih 3 tingkat ke hulu supplier dan lebih 3 tingkat ke hilir distributor. Membuat laporan keuangan konsolidasi dengan multi accounting system, multi currency dan multi-2 lainnya
- Mendukung integrasi proses bisnis perusahaan-perusahaan besar.
- Semua informasi yang tersimpan didalam SAP dapat diakses oleh bagian organisasi yang membutuhkan pada saat dibutuhkan.
(Ringkasan blog yang sesuai dengan file attached)
Kali ini
kita akan mengulas mengenai free software Bizagi. yakni software yang bisa di
digunakan untuk membuat design process.alur process. Software mirip visio,
namun dengan tampilan yg simple dan mudah di gunakan. Software ini bisa di
simpan dengan berbagai macam format. pdf, word document, visio. Jadi tidak usah
kuatir kalau mau gunakan file yang ada di bizagi.
Mau
merekam secara mudah dan gampang , bisa coba software BB FLASHBACK. software
yang sangat mudah digunakan dibanding yang lain. Ada 2 panduan; pertama record
video , kemudian hasil rekaman bisa di edit di BB player. format video bias di
ganti sesukanya karena BB Flashback ini lengkap formatnya. Setelah selesai
membuat, bisa jg di share ke Youtube
Supply Chain Management (SCM) adalah sekumpulan aktifitas yang terlibat
dalam proses bahan baku, transformasi menjadi produk semi maupun produk akhir dan distribusi barang ke
konsumen akhir. Rantai kegiatan tersebut biasa disebut supply chain management
proses.
Dalam SCM terdiri dari :
1. Supplier
2. Customers
3. Distibutor
4. Transporter
5. Warehouse
6. Production
Regards,
Bambang Dermawan
4410216093
Regards,
Bambang Dermawan
4410216093
Tidak ada komentar:
Posting Komentar